Senin, 23 Desember 2013

Kuliner Daerah

Sate maranggi adalah sate sapi yang dibumbui dengan kecap manis dan disajikan dengan sambal oncom dan uli bakar sebagai pelengkapnya. Yuk, mencoba hidangan khas asal Cianjur ini.

Masyarakat Sunda tidak menyebutnya sebagai sate maranggi, melainkan cukup dengan maranggi saja. Ada dua daerah di Jawa Barat yang sama-sama mengaku sebagai tempat asal maranggi, yaitu Cianjur dan Purwakarta. Di Cianjur, maranggi hanya (strictly) dibuat dari daging sapi. Sebaliknya, di Purwakarta lebih lazim dibuat dari daging kambing, sekalipun versi sapi-nya juga populer.
Karena dagingnya sudah layu dan dimarinasi dengan bumbu, hasil akhirnya adalah daging yang empuk dengan bumbu-bumbu meresap sampai ke bagian dalam. Penggunaan ketumbar dalam bumbu marinasi menciptakan kesamaan dengan citarasa umum dendeng.
Penyajian maranggi di Cianjur lebih unik karena tidak disajikan dengan nasi putih, melainkan dengan nasi uduk yang berwarna kuning pucat, atau dengan ketan bakar. Karena maranggi sudah manis berbumbu, tidak diperlukan lagi sambal kacang atau sambal kecap sebagai cocolan satenya. Tetapi, dibubuhkan kondimen sambal oncom encer sebagai cocolan ketan bakar atau nasi uduknya.
Maranggi mempunyai kemiripan dengan sate sapi manis di daerah Jawa Timur, sate matang dari Aceh, bahkan sate kajang dari Malaysia. Semuanya adalah sate yang dibuat dari daging sapi yang dimarinasi dengan cairan manis dan harum ketumbar.
Menilik prosesnya, maranggi dan sate sapi manis seperti ini, diduga keras merupakan adaptasi dari kuliner Cina peranakan. Di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, warga keturunan Tionghoa membuat sate babi dengan marinasi bumbu manis-harum seperti ini juga. Berbeda dengan orang Minahasa yang ragey (sate babi)-nya dimarinasi dengan bumbu pedas.

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
400 gram daging has dalam, dipotong 2x2x1 cm
100 gram lemak sapi, dipotong 2x2x1 cm
1 sendok teh minyak goreng
2 sendok makan kecap manis
24 buah tusuk sate
 
Bumbu Halus:
1 sendok makan ketumbar
1 sendok teh garam
40 gram gula merah, disisir halus

Sambal Oncom:

Bahan:
100 gram oncom, dihaluskan
500 ml air

Bumbu Halus:
2 butir bawang merah
2 buah cabai rawit merah
1 buah cabai merah keriting
2 1/4 sendok teh gula pasir
3/4 sendok teh garam
2 cm kencur
1 cm jahe

Pelengkap:
uli bakar


Cara Pengolahan :
  1. Rendam daging dan lemak sapi dalam campuran bumbu halus, minyak goreng, dan kecap manis. Remas-remas sampai rata. Diamkan 1 jam dalam lemari es.
  2. Tusuk-tusuk daging dan lemak secara bergantian ditusuk sate. Bakar sampai matang sambil dioles sisa bumbu rendaman.
  3. Sambal oncom: rebus air dan bumbu halus sampai mendidih. Tambahkan oncom. Masak sampai matang.
  4. Sajikan sate dengan sambal oncom dan pelengkapnya.

Untuk 24 tusuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar